KUALITAS ELECTRIC MEDICAL RECORD MENENTUKAN KEPUASAN PASIEN JKN DI RUANG RAWAT INAP

KUALITAS ELECTRIC MEDICAL RECORD MENENTUKAN KEPUASAN PASIEN JKN DI RUANG RAWAT INAP

Penulis

  • Royke Langingi STIKES Gunung Maria Tomohon

Kata Kunci:

Electronic Medical Record, JKN, Kepuasan, Pasien, Kualitas pelayanan

Abstrak

Pendahuluan: Kepuasan pasien telah menjadi prioritas utama bagi sistem layanan kesehatan yang efektif.   Dalam sistem perawatan kesehatan, sistem rekam medis elektronik (RME) mengubah rekam medis konvensional yang berbasis kertas menjadi digital. Beralihnya dari rekam medis berbasis kertas ke rekam medis elektronik (RME), fasilitas kesehatan dapat mengatasi banyak masalah yang terkait dengan metode tradisional. Ini termasuk ruang penyimpanan yang lebih besar, kesulitan membaca tulisan tangan, dan risiko kehilangan data (keamanan data). Selain itu, dokumentasi yang lebih lengkap dan standarisasi, akses yang lebih mudah ke data, dan komunikasi yang lebih baik antara petugas kesehatan dan pasien dapat dicapai melalui RME. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis hubungan kualitas RME dengan kepuasan pasien JKN di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Gunung Maria Tomohon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian jenis kuantitatif yang bersifat deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional study dengan sampel yang digunakan sebanyak 216 responden (total sampling) dengan analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji Fisher Exact Test diperoleh nilai p=0,015 (<α=0,05) yang menujukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas RME dengan kepuasan pasien JKN di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Gunung Maria Tomohon. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kualitas RME dengan kepuasan pasien JKN di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Gunung Maria Tomohon. Sebagai saran bagi pimpinan rumah sakit terlebih bagi pihak direksi rawat inap di Rumah Sakit Gunung Maria Tomohon untuk meningkatkan kualitas RME demi mencapai standar pelayanan kesehatan khususnya bagi pasien rawat inap demi kepuasan pasien.

Unduhan

Diterbitkan

01-07-2025 — Diperbaharui pada 04-07-2025

Versi

Terbitan

Bagian

Administrasi Kesehatan

Kategori