GAMBARAN HAMBATAN PERKULIAHAN DARING MAHASISWA STIKES BETHESDA TOMOHON DI MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Rivolta Alfiko Musak STIKES Bethesda Tomohon

Abstrak

GAMBARAN HAMBATAN PERKULIAHAN DARING
MAHASISWA STIKES BETHESDA TOMOHON
DI MASA PANDEMI COVID-19
Rivolta Musak
1
, Xenia Mandagi
2
, Meilita Enggune
3
, Andro R. Runtu
4
1. Dosen, Program Studi Diploma Tiga Keperawatan, STIKES Bethesda
Tomohon, Tomohon
2. Mahasiswa, Program Studi Diploma Tiga Keperawatan, STIKES
Bethesda Tomohon, Tomohon
3. Dosen, Program Studi Diploma Tiga Keperawatan, STIKES
Bethesda Tomohon, Tomohon
4. Dosen, Program Studi Diploma Tiga Keperawatan, STIKES
Bethesda Tomohon, Tomohon
Email:
* Corresponding Author : [email protected]
Abstrak
Latar Belakang Pandemi COVID-19 mempengaruhi berbagai aspek kehidupan
manusia, salah satu diantaranya adalah perubahan proses pembelajaran luring
menjadi daring. Perkuliahan daring pada pelaksanaannya membutuhkan dukungan
perangkat mobile seperti handphone dan laptop yang dapat digunakan untuk
mengakses informasi dimana saja dan kapan saja. Dalam pelaksanaan perkuliahan
daring, mahasiswa mengalami berbagai hambatan dan kendala. Tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui gambaran hambatan yang dialami oleh mahasiswa
terkhususnya mahasiswa Akademi Keperawatan Bethesda Tomohon dalam
perkuliahan daring di masa pandemi COVID-19. Metode penelitian ini
menggunakan desain penelitian kuantitatif dan pendekatan deskriptif dengan
teknik Purposive Sampling. Dilakukan di Akademi Keperawatan Bethesda Tomohon
pada bulan Maret 2021 sampai bulan April 2021. Sampel dalam penelitian ini adalah
mahasiswa Akademi Keperawatan Bethesda Tomohon yang memenuhi kriteria
inklusi sebanyak 277 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 31 responden
(11,2%) menyatakan bahwa hambatan yang dialami berada pada kategori tinggi, 242
responden (87,4%) pada kategori cukup, sedangkan 3 responden (1,4%) pada
kategori rendah. Sebagian besar mahasiswa menyatakan bahwa hambatan yang
dialami berada pada kategori cukup. Hal ini menunjukkan bahwa hambatan yang
dialami mayoritas responden tidaklah signifikan. Untuk mahasiswa, diharapkan agar
lebih aktif dalam kegiatan perkuliahan dan memiliki jaringan internet yang baik.
Untuk dosen, diharapkan meningkatkan keterampilan teknis dan menguasai aplikasi
yang digunakan dalam perkuliahan daring.
Kata Kunci: Hambatan, mahasiswa, pembelajaran daring, covid-19.

Unduhan

Diterbitkan

01-07-2025 — Diperbaharui pada 04-07-2025

Versi

Terbitan

Bagian

Administrasi Kesehatan

Kategori